Senin, 17 Oktober 2016

HAFIZA ELFIRA
Pada kesempatan ini saya akan membahas kisah sukses seorang sosial entrepreneur muda yang buat saya sangat menginspirasi. Hafiza Elfira, gadis muda cantik berusia 26 tahun ini seorang mahasiswi Universitas Indonesia. Ia adalah seorang pendiri Nalacity Foundation, sebuah program sosial yang terbentuk melalui Indonesia Leadership Development Program (ILDP) UI. Berkembang mulai dari projek sosial hingga projek kewirausahaan sosial yang bertujuan memberdayakan masyarakat marjinal penyandang difabel, agar kehidupan yang mereka miliki jauh lebih baik dan mandiri.
Sosial projek yang digagas Fiza (panggilan hafiza Elfira) tidaklah mudah dilakukan karena pada awalnya banyak warga yang belum tertarik. Fiza harus mengubah mindset bahwa berusaha dan menghasilkan karya yang bagus akan membangun kondisi finansial yang lebih baik untuk warganya. Warga yang dibina Fiza ini adalah penderita kusta, yang awalnya haya hidup bergantung dengan rasa belas kasih orang lain, dan itu menjadikan semangat hidup mereka cukup rendah. Fiza mengandalkan kemampuan bisnisnya untuk membekali ibu – ibu penderita kusta dengan berbagai keterampilan menjahit manik – manik pada jilbab. Dengan ketelatenan yang dimilikinya Fiza mendapatkan omset penjualan hingga ratusan juta perbulannya.
Setelah projek sosial yang digagasnya telah berada dititik nyaman, Fiza berusaha mencoba mengembangkan usahanya dan sangat berhasil. Fiza telah mampu menjadikan ibu – ibu bekas penderita kusta menjadi manusia – manusia yang mandiri dan mampu berkarya. Fiza memanfaatkan media online dan sosial media sebagai sarana untuk memasarkan produk – produk nalacity foundation tersebut.
Karena tujuan awal ini adalah kegiatan sosial jadi meskipun sekarang terbilang sudah sukses, tetap saja mereka tidak lupa tujuan besar mereka yaitu memberdayakan masyarakat marjinal penyandang difabel untuk mendapatkan penghidupan yang lebih baik dan mandiri.
Salah satu kesulitan Fiza dalam kegiatan ini adalah mengubah mindset ibu – ibu OYPMK , karena sebelumnya mereka hanya mengandalkan dari pemberian orang lain. Namun usaha nalacity foundation sekarang tidak sia – sia karena mereka berhasil memberikan angin segar kepada penderita kusta yang tadinya hanya sekedar menerima pemberian orang lain. Sekarang bisa menjadi orang – orang yang mau berusaha, belajar mandiri, dan menghasilkan karya yang dihargai oleh masyarakat luas.
Selaku Co Founder sekaligus Director of Nalacity Foundation, Fiza mengaku mendapat inspirasi tersebut dari berbagai macam social entrepreneur Indonesia yang sudah lebih dulu membuat program pemberdayaan masyarakat yang juga telah sukses tersebut.

Buat saya kisah sukses Fiza ini sangat menginspirasi dan dapat memberikan semangat bagi anak – anak muda untuk dapat mengembangkan potensi diri, terus berkarya, menuangkan ide – ide kreatif, sehingga bisa menjadi entrepreneur muda yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar